BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Buku merupakan sumber belajar yang sangat dibutuhkan oleh siswa untuk membantunya dalam proses kegiatan belajar. Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini telah hadir Buku Belajar Bahasa Arab MI kelas IV terbitan Erlangga.
Buku
ini terdiri dari 10 bab yang terdiri dari enam bab untuk semester
pertama dan empat bab untuk semester ke dua dengan tema yang beragam.
Dalam penggunaan buku sendiri harus dipih mana buku yang layak digunakan
dan man yang tidak layak. Oleh karena itu perlu dilakukan penganalisisan untuk mengetahui layak
kah Buku Belajar Bahasa Arab MI kelas IV terbitan Erlangga ini
digunakan. Dalam proses penganalisisan sendiri hanya dikhususkan pada
satu Standar kompetensi yang dianalisis adalam makalah ini adalah
BERBICARA
B. Rumusan Masalah
Penulis sendiri merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam penganalisisan Buku Belajar Bahasa Arab MI kelas IV terbitan Erlangga, diantaranya sebagai berikut:
1. Bagaimana gambaran umum dari Buku itu sendiri?
2. Apakah
setiap materi yang ada di setiap Bab relevan dengan kurikulum serta KD
yang ada menunjang empat aspek kebahasaan yang ada?
3. Apakah materi yang ada memenuhi kriteria buku yang baik?
4. Bagaimana aspek Berbicara dalam setiap materi itu sendiri?
5. Apa saja kekurangan dan kelebihan buku ini?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan dari pembuatan makalah ini sendiri adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui bagaimana gambaran umum standar kompetensi Berbicara dalam buku ini?
2. Untuk
mengetahui apakah materi yang ada di bab relevan dengan kurikulumserta
KD yang ada menunjang empat aspek kebahasaan yang ada?
3. Untuk
mengetahui apakah materi yang ada di Buku Belajar Bahasa Arab MI kelas
IV terbitan Erlangga memenuhi kriteria buku yang baik?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar